bersiap ngopi bareng traveller




Begitu tahu bahwa travelogue saya segera terbit, seorang kawan berkomentar, "Sembari minum Kopi harus segera dibuat lagi. Kali ini juragane sing dadi seleb!"

Sembari Minum Kopi (SMK) adalah forum obrolan penulis yang saya bentuk sejak tahun 2007. hingga kini belum banyak event yang kami selenggarakan, tetapi dari yang hanya beberapa kali itu SMK berupaya menghadirkan penulis-penulis kreatif yang bermutu, seperti Andrea Hirata, Putu Fajar Arcana, Kris Budiman, dan bahkan sastrawan besar Sapardi Djoko Damono. Penginnya memang bisa rutin, tapi apa boleh buat, kami masih belum punya tim yang khusus menangani event tersebut. Dengan kata lain, SMK kami selenggarakan sebagai "ekstra kurikuler" di luar rutinitas kantoran (meskipun kantor sendiri juga siy...)


SMK punya niat mulia, yaitu menghadirkan penulis tertentu untuk berbagi tips dan menulari krativitas pada peserta. Karenanya, tema obrolan pun beragam, mulai dari tips MenuliskanKisah Perjala
nan (bersama Andrea Hirata & Fatimah Zahra), Menulis Novel Etnografi (Putu Fajar Arcana & Kris Budiman), hingga bagaimana Menulis Puisi Cinta (bersama Sapardi Djoko Damono). Mini seminar tersebut disajikan secara cuma-cuma alias gratis, berkat kerjasama sejumlah pihak.

Sempat pula kepikiran untuk merancang obrolan lanjutan ke dalam format workshop penulisan sesuai tema-tema di atas. Hanya saja, ya itu tadi, SMK masih belum ditangani oleh tim khusus, masih sambil lalu. Sehingga gagasan tentang workshop pun masih belum terealisir.

Kini, setelah saya menerbitkan buku sendiri, yang sedikit banyak juga hasil hasutan Andrea ketika saya mengundangnya untuk menjadi narasumber dalam obrolan kopi "Menulis Kisah Perjalanan", saya tergelitik untuk mewujudkan gagasan membuat workshop penulisan. Wong nyatanya saya juga bisa nerbitin buku kok. Jadi nggak ada salahnya jika saya menularkannya pada yang lain kan?

Jadilah hari ini saya ingin berjanji. Berjanji membuat forum obrolan untuk traveller dan travel writing workshop. Dukung saya ya!

Comments