singapore travel brochures


Satu hal yang membuat saya selalu kangen Singapura adalah brosur-brosurnya. Negeri imut ini sangat royal membagi-bagikan brosur wisata. Di tempat-tempat umum, kita bisa dengan mudah menemukan rak berwarna mencolok yang berisi penuh brosur wisata dalam berbagai bahasa (Inggris, China, Thai, bahkan Bahasa Indonesia).

Sebagai penggemar brosur, saya tak pernah merasa sungkan mengambilnya banyak-banyak untuk nambah koleksi di rumah. Nggak rugi nyimpen brosur yang dicetak di atas kertas apik dengan kualitas printing yang keren. Apalagi foto-foto yang menghiasi tiap halaman ini juga cantik. Di rumah, sering saya membolak-balik isinya sambil membayangkan kapan kira-kira saya mampu menerbitkan brosur atau katalog wisata sekeren ini. (Aha, bahkan buletin REGOL pun tertunda penerbitannya karena nggak punya dana. Hehe...)

Ngomong-ngomong soal dana, kira-kira berapa juta dolar yang dialokasikan dinas pariwisata Singapura untuk menerbitkan brosur-brosur ini ya? Jangan-jangan, dana itu jauh lebih besar ketimbang dana yang disiapkan Indonesia dalam rangka Visit Indonesia Year 2008 yang "cuma" berkisar US$ 15 - 20 juta itu?

Comments