6 bulan keliling Eropa dengan US$ 1000

Mana mungkin? Tapi itulah yang dilakukan Marina Silvia, ber-back"europe"pack selama 6 bulan hanya menghabiskan sekitar 9,3 juta. Modal itu belum termasuk ongkos pesawat return dari/ke Indonesia berikut Visa dan Fiskal yang menurutnya hanya butuh sekitar US$ 900. Anggaplah totalnya kurang lebih butuh US$ 2000.

Masih merasa nggak masuk akal? Cobalah simak baik-baik 2 bab awal dalam bukunya, yaitu tentang 13 Alasan Pergi dan 13 Langkah Pergi. Salah satu yang memungkinkan seseorang bisa traveling dengan biaya irit adalah network yang sudah terbangun lewat internet. Marina termasuk member yang aktif dalam di situs www.hospitalityclub.org dan www.couchsurfing.com. Situs ini merupakan network bagi siapapun di seluruh dunia yang bersedia memberi tumpangan gratis (free accomodation) bagi sesama member saat mengunjungi negaranya. Menurut Marina, network ini cukup aman dan para membernya juga layak dipercaya dan kita juga bisa memilih host yang sesuai dengan ketertarikan kita (dapat dilihat dari biodatanya).

Di bukunya, Marina tak hanya mengurai berbagai tips backpacking, tetapi juga menuliskan hasil kontemplasinya saat berada di 13 negara yang disinggahinya selama 6 bulan di Eropa. Marina menuliskan hasil renungannnya dalam artikel pendek yang kaya dengan dialog antara dirinya dengan rekan-rekan baru yang ditemuinya di sana. Ketertarikannya pada masalah politik, agama dan keberagaman, membuat hampir sebagian kontemplasi yang ditulisnya bermuara ke sana: agama, politik, globalisasi, keberagaman keyakinan. Pada tulisan akhir, di jurnal yang diberi judul "Katedral" (hal. 261 - 262), menjelang kepulangannya ke Indonesia, merupakan puncak perenungan Marina sebagai umat beragama.

Terlepas dari kemampuan Marina merefleksi diri yang cukup apik, jurnal-jurnalnya jadi terasa monoton. Dari satu kota ke kota yang lain, obrolannya tak lepas dari persoalan agama dan keberagaman. Padahal, pembaca yang semula tergoda oleh judul bukunya Back"Europe"Pack: Keliling Eropa 6 Bulan Hanya 1.000 Dollar mungkin juga merindukan tulisan mendalam lainnya tentang keindahan arsitektur bangunan-bangunan di Eropa, terawatnya museum-museum yang menyimpan catatan peradaban manusia, tradisi dan budaya masyarakat setempat, festival tradisional, atau sekedar mencicipi makanan lokal. Setidaknya, itu yang saya rasakan.

Membaca bukunya, belum mampu mengobati dahaga saya akan negeri Eropa. Tapi mungkin barangkali Marina menuntun saya mencarinya sendiri, bukankah dia sudah menunjukkan bagaimana cara murah mengeksplorasi Eropa? Thanks Marina, semoga saya bisa mengikuti jalurmu dan berkontemplasi di negeri-negeri yang indah itu.

Judul : Back"Europe"PAck, Keliling Eropa 6 Bulan Hanya 1.000 Dollar
Penulis : Marina Silvia K
Penerbit : Gramedia, 2008
Tebal : 267 halaman

Comments

  1. dahaga akan negeri eropa?

    hmmm

    unmacchiato.blogspot.com
    gagasmedia.net

    +++++++++++++++++++++++++


    Buongiorno! Kami mengundang teman-teman semua untuk
    menghadiri acara peluncuran buku
    Ciao Italia!: Catatan Petualangan Empat Musim
    pada tanggal 17 Juni 2008, pukul 2 siang yang bertempat di
    Institut Kebudayaan Italia:
    Jl. HOS Cokroaminoto 117, Menteng-Jakarta Pusat
    (depan Izzi Pizza Menteng)

    Pembicara:
    - Gama Harjono (Penulis Ciao Italia!)
    - Pembicara tamu

    Acara akan diisi dengan bedah buku dan presentasi mahasiswa
    Indonesia tentang pengalaman selama kuliah di Italia.


    NB: Dapatkan penawaran khusus pada saat launching, diskon 20%, bagi yang berminat
    mendapatkan buku Ciao ITALIA!



    *** *** ***


    Ciao Italia: Catatan Petualangan Empat Musim
    Penulis: Gama Harjono
    Penerbit: Gagasmedia, 2008

    Apakah berkeliling Eropa salah satu impianmu? Atau bersekolah di luar negeri dan bergaul dengan teman-teman baru yang selalu haus petualangan? Buku ini mengajakmu untuk melewati ruang-ruang kelas universitas di Italia, galeri seni ternama, sampai pesta-pesta mahasiswa Eropa yang seru.

    "Ciao Italia" akan membawamu menikmati tempat-tempat di pelosok Mediterania, mulai dari kota metropolis berusia lebih dari dua milenium hingga desa terpencil yang menyimpan banyak harta karun seni dan kejutan tak terduga (buktikan dengan foto-fotonya yang fantastis). Plus tip backpacking ekonomis: mendapat akomodasi gratis di Eropa, mencari tiket, hostel dan makanan murah selama perjalanan.

    Setiap kisah dan suka-duka saat berusaha mengenal Italia, ditoreh dengan sebuah kejujuran dari seseorang yang akhirnya terlalu mencintai negeri Pasta ini.

    ReplyDelete
  2. kebetulan saya lagi baca bukunya..

    bener-bener menprovokasi saya yang masih berstatus backpacker wannabe..

    wish to step my foot on europe soon!!

    ReplyDelete
  3. Salam...
    Terima kasih atas tulisan anda mengenai http://www.couchsurfing.org dan http://www.hospitalityclub.org.
    Kedua organisasi adalah komunitas berbasis Jaringan Silaturahmi internasional atau yang dikenal hospitality exchange network.
    Lebih lengkap tentang jaringan silaturahmi dapat di baca dalam wikipedia kita; http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_silaturahmi

    Nancy Margaretha
    *Hospitalityclub.org Local Volunteer for Indonesia
    *Couchsurfing.org Indonesia Ambassador & Public Relations Asia
    Kini para anggota dari kedua organisasi yang berasal dari indonesia sudah dapat mengakses informasi tentang jaringan silaturahmi pada situs http://www.silaturahmi.org

    ReplyDelete

Post a Comment