Benteng Otanaha - Gorontalo

Kompleks Benteng Otanaha yang terletak di atas bukit desa Dempe, Gorontalo merupakan peninggalan bersejarah yang dibangun oleh Portugis pada abad ke 15. Bangunan yang keseluruhannya terdiri dari tiga buah benteng (Benteng Otanaha, Benteng Otahiya, dan Benteng Ulupahu) ini dibangun sebagai wujud kerjasama antara Portugis dengan Raja Ilato yang tengah berkuasa pada tahun 1505 – 1585.

Dikisahkan, suatu saat kapal orang Portugis singgah di Gorontalo. Perwakilan orang Portugis itu kemudian menemui Raja Ilato dan mewarkan kerjasama untuk memperkuat sistem pertahanan dan keamamanan kerajaan. Sebagai tanda kesepakan, Portugis bersedia membangun tiga benteng yang terletak di atas bukit.

Pada tahun 1525, saat Gorontalo diserang musuh, terkuaklah akal bulus Portugis. Rupanya, upaya pendekatan Portugis dengan Raja Ilato hanyalah strategi untuk menyerang Gorontalo. Pada saat terjadi serangan dari musuh itu, Portugis sama sekali tidak membantu Gorontalo, namun justru memihak musuh untuk menyerang Gorontalo.

Hingga tahun 1585, Gorontalo masih dalam kemelut peperangan. Salah seorang putra Raja Ilato, yaitu Naha dan istrinya, Ohihiya, memimpin pertempuran dan menjadikan ketiga benteng Portugis itu sebagai benteng pertahanan. Dalam pertempuran ini Naha dan seorang putranya, Pahu, gugur. Untuk mengenang perjuangan mereka, ketiga benteng ini kemudian dinamai Naha, Pahu, dan Hiya. Sementara itu penambahan kata Ota merupakan bahasa daerah setempat yang berarti Benteng.

Sebagai cagar budaya yang patut dijaga kelestariannya, kompleks Benteng Otanaha ini sudah dipugar pada tahun 1978 – 1981. Pemerintah setempat juga membangun anak tangga untuk memudahkan wisatawan menjangkau kompleks benteng. Sedikitnya kita harus mendaki 353 anak tangga untuk mencapai benteng utama, yaitu Benteng Otanaha. Sementara itu untuk mencapai Benteng Otahiya terdapat sekitar 245 anak tangga dan 59 anak tangga menuju Benteng Ulupahu.

Pendakian yang cukup melelahkan. Namun, begitu tiba di puncak, kita dapat menikmati kota Gorontalo dengan lahan pertaniannya yang luas dan menghijau. Juga keindahan Danau Limboto, danau terbesar di Gorontalo, akan dapat dengan leluasa kita nikmati dari kompleks Benteng Otanaha. Suasana tenang dan hembusan semilir angin yang menggerakkan pepohonan di sekitar kompleks benteng, akan mampu mengusir lelah setelah mendaki ratusan anak tangga yang cukup terjal.


Trips & Tips

• Kompleks Benteng Otanaha berada sekitar 8 Km dari kota Gorontalo, tepatnya di Desa Dembe.
• Jika Anda menggunakan transportasi umum, naiklah bentor (becak bermotor) yang mangkal di sepanjang jalan kota Gorontalo
• Karena jumlah anak tangga yang akan didaki hingga ratusan, pastikan Anda membawa air mineral agar tidak dehidrasi
• Supaya perjalanan wisata ini juga bermanfaat untuk olah tubuh, lebih baik mengunjungi kompleks benteng ini di pagi hari, sekitar pukul 07.00. Sekalian olah raga kan?

(published in mediahalo telkomsel - area pamasuka)

Comments

  1. ada lagi g posting aout tourism place in gorontalo?? minta bantuan nya yaaahhh

    ReplyDelete

Post a Comment