Tuesday, January 13, 2009

Bunaken Underwater

Jika Anda menyukai olahraga diving, pastilah Taman Laut Bunaken menjadi salah satu diving spot yang tak akan Anda lewatkan. Pesona Taman Laut Bunaken memang menakjubkan. Di Bunaken setidaknya terdapat 40 titik penyelaman yang kaya akan ikan-ikan khas laut tropis serta terumbu karang. Lebih dari 150 spesies ikan yang berada di perairan Bunaken. Spesies ini masih ditambah dengan ikan-ikan yang berenang dalam kawasan segitiga emas perairan Papua, Filipina, dan Indonesia yang diperkirakan berjumlah 3.000 spesies.

Selain spesies ikan, laut Bunaken juga kaya dengan aneka tumbuhan laut. Setidaknya terdapat 13 genre karang hidup di dasar laut Bunaken. Yang paling menakjubkan adalah tebing karang vertikal sejauh 25 – 50 meter dari kedalaman laut.

Membayangkan keindahan aneka jenis ikan dalam aneka rupa berenang di antara terumbu karang serasa menyaksikan aquarium raksasa yang begitu mempesona. Wajarlah jika kekayaan laut seluas 75.265 hektar ini dijaga habitatnya. Pemerintah kemudian menetapkan kawasan ini menjadi Taman Nasional Laut Bunaken sejak Oktober 1991 melalui SK Menteri Kehutanan.
Selain kekayaan laut, kawasan Taman Nasional Bunaken yang terdiri dari beberapa pulau yaitu pulau Bunaken, pulau Manado Tua, pulau Montehage, pulau Siladen, dan pulau Nain ini juga memiliki kekayaan flora dan fauna yang layak dilindungi. Terdapat aneka satwa di kawanan ini, seperti kera hitam Sulwaesi (Macaca nigra nigra), rusa (Cervus timorensis russa), dan kuskus (Ailurops ursinus ursinus). Sementara itu jenis tumbuhan hutan bakau yang tumbuh memungkinkan berkembangnya kepiting, udang, moluska, maupun berbagai jenis burung laut seperti camar, bangau, dara laut, maupun cangak laut.
Menikmati keindahan alam dan laut Bunaken ini akan terasa nyaman sepanjang bulan Mei hingga Agustus, untuk menghindari musim hujan. Jika Anda yang tidak menguasai diving, keindahan laut ini tetap dapat dinikmati dengan snorkling atau menggunakan perahu kaca. Resort atau penginapan yang terdapat di Bunaken umumnya menyewakan peralatan snorkling dan diving. Sementara perahu kaca dapat disewa dari beberapa penduduk yang memilikinya.

Tips Ke Bunaken
• Bunaken dapat ditempuh dengan perahu (boat) dari Manado kurang lebih 1 jam. Tarif seklai jalan Rp 25.000 per orang. Biasanya boat ini berangkat dari Manado sore hari sekitar pukul 15.00 WITA. Esok harinya sekitar pukul 9.00 WITA boat ini akan kembali ke Manado.
• Jika Anda tak ingin menginap di Bunaken, sewalah speedboad. Tarif sewa untuk pulang pergi sekitra Rp 250.000 per boat.
• Saat tepat menikmati keindahan laut Bunaken adalah pagi hari sekitar pukul 7.00 WITA karena itu jika Anda menyewa speedboat dari Manado, pastikan berangkat pagi-pagi sekali.

(I wrote this article for mediahalo, telkomsel customer newsletter, pamasuka area)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment