bisket jatra festival - in bhaktapur NEPAL

Saat saya travelling ke Nepal, saya beruntung bisa berada di antara ribuan atau bahkan ratusan ribu orang yang tengah mengadakan rangkain festival menjelang Nepali New Year. Di Bhaktapur, 13 km dari Kathmandu, rangkaian Nepali New Year dibuka dengan Bisket Jatra Festival yang bertempat di pelataran depan Nyatapola Temple. Festival ini merupakan kompetisi antar dua warga kota Bhaktapur, yaitu kota bagian atas yang terletak di sisi utara Nyatapola Temple dan kota bagian bawah yang terletak di sisi Selatan.

Kompetisi adu kekuatan ini dilakukan dengan menarik chariot atau kereta kayu ukuran raksasa yang beratnya entah berapa ton. Chariot yang diletakkan di pelataran Nyatapla Temple itu kedua sisinya diikat tali tambang untuk menariknya. Semula saya kira kayak lomba tarik tambang, asal udah bergeser dari garis batas berarti udah bisa ditentukan pemenangnya. Ternyata, di festival Bisket Jatra tidak demikian. Kereta kayu itu harus benar-benar berhasil ditarik menuju salah satu kuil di masing-masing wilayah. Jaraknya memang hanya sekitar 200 – 300 meter dari titik start di Nyatapola Temple. Tapi karena yang ditarik kereta yang beratnya berton-ton, sudah begitu di atasnya juga dipenuhi orang, tarik tambang ala Nepal ini pun jadi seru dan berlangsung hingga malam (mulai jam 5 sore sampai lebih dari jam 9 malam).

Puncak dari festival itu, pada malam hari, pihak yang kalah akan marah dan saling melempar batu kerikil. Aksi lempar-lemparan itu berlangsung hingga di lorong-lorong jalan, bikin heboh semua warga kota Bhaktapur. Untung rumah-rumah di Bhaktapur nggak ada yang berjendela kaca. (dikutip dari "Negeri Eksotis" salah satu artikel di buku saya TALES from the ROAD; hal. 130 )




(foto diambil dari lantai paling atas Bhadgaun Restaurant)

Comments

  1. barusan ndenger di acara kedai 24 geronimo. hehehe..ternyata orang jogja juga:D

    lam kenal...

    ReplyDelete

Post a Comment