EUROTRIP paket komplit


Persis setahun setelah buku travelogue TALES from the ROAD (Juni, 2009) terbit, saya berhasil menyelesaikan naskah EUROTRIP Safe & Fun. Anggaplah sebagai anniversary atas buku pertama dengan menerbitkan buku traveling ke-2.

EUROTRIP mulai saya tulis sepulang dari perjalanan dua minggu ke Eropa (4 - 19 Mei 2010). Sambil menikmati jetlag yang membuat saya justru melek di malam hari (karena biasa di Eropa masih siang atau 6 jam lebih lambat), saya ngebut menyelesaikan tulisan. Selain karena penerbit memberi deadline (yang longgar) sekitar sebulan, saya sendiri saat itu juga lagi semangat menulis.

Semangat menulis buku ke-2 itu muncul sepertinya bukan karena ingatan saya akan perjalanan ke Eropa masih fresh. Sebab saya sebenarnya lebih suka mengendapkan beberapa saat (bisa berbulan) dan kemudian menuliskannya dengan lebih reflektif.

Jadi karena apa dong, saya bisa begitu cepat menyelesaikan buku setebal 228 halaman ini? Sebabnya karena selain menulis, penerbit juga memberi keleluasaan pada saya untuk mendesai cover dan melay-out isi buku. Hooorreee..., bikin buku paket komplit!

Kesempatan emas ini tak saya sia-siakan. Timkreatif di kantor segera dikerahkan. Putri saya serahin mendesain covernya dan Dewi berurusan dengan melay-out isi buku. Sambil menulis, saya juga mensupervisi desain mereka. Milih-milih foto, font, warna, dll. Kerja visual ini kadang membuat saya absen mengetik karena saking bersemangatnya. Alhasil, desain cover malah sudah jadi duluan sebelum tulisan saya kelar. Hahaha...!

Ada beberapa alternatif rancangan cover yang saya kirimkan ke penerbit untuk dipilih salah satu. Saat itu saya agak maksa karena udah kepengin mem-publish desain cover ke FB. Maksudnya buat promosi gitu, meskipun bukunya belum selesai ditulis. Hehehe...! Untung penerbit berbaik hati dan setelah beberapa kali revisi akhirnya terpilihlah final design untuk cover EUROTRIP. Teteuupp...ngandalain sepatu Teva saya dong..!

Sejak Juli 2010, cover EUROTRIP sudah resmi dipublikasi. Lewat FB jelas dong, juga sempat dicetak dan dibagi-bagi saat bikin event Travel Writing & Sharing Info backpacking Eropah di Momento Cafe.

Yang agak makan waktu adalah proses proof-reading dan lay out isi buku. Setelah semua naskah saya setor ke penerbit, dua minggu kemudian saya baru menerima proof - reading pertama naskah tersebut. Editan tersebut saya baca ulang, sambil menambahkan beberapa yang menjadi catatan editor. Selesai saya baca, naskah saya setor pada Dewi yang akan melay-out dengan program Adope InDesign. Sekitar seminggu kami menyelesaikan proses lay out ini. Hasil lay out tersebut kemudian di print dan dibaca ulang oleh editor dan tim proof-reader untuk mengecek apakah masih ada keslahan cetak atau pemenggalan kata.

Proof-reading tahap kedua itu kemudian dikembali ke saya lagi untuk dibenahin lay-outnya sesuai coretan2 yang ada dalam print out. Nggak banyak yang direvisi kok, palingan cuma kesalahan pemenggalan kata dan pencantuman halaman. Pada tahap ini, sebagai penulis saya sudah tidak boleh lagi menambahkan atau mengurangi naskah. Makanya, ketika menerima materi proof-reading kedua, saya nggak mau lagi membacanya. Takut tiba-tiba muncul ide untuk menambahkan sesuatu. Bisa bikin proses makin lama lagi entar.

Materi proof-reading kedua saya serahin ke Dewi untuk dibenahin, sambil saya ikutan mendampingi.

Karena proses ini cukup makan waktu, baru pada minggu pertama Agustus, naskah EUROTRIP yang siap cetak itu saya serahkan kepada penerbit. Target terbit Agustus itu jadi bergeser dikarenakan ada libur lebaran. Buku EUROTRIP baru dijadwalkan nongol di toko-toko buku pada akhir September 2010.

(Sstt..bocoran dari Penerbit. Buku EUROTRIP udah kelar cetak tanggal 3 Sept 2010. Malah udah nongol di katalog bukunya Mizan Publishing segala. Yuuhhuuiii...!!!)


----

preview EUROTRIP silakan intip di sini ya...
kalo pengin dapet buku EUROTRIP gratisan..ikuti kompetisi ini...

Comments