ngopi bareng penulis

mimpi saya tentang forum ini

Sembari Minum Kopi (SMK) merupakan forum untuk penulis dan pembaca yang saya bentuk pada tahun 2007. Ide ini berawal dari ketertarikan saya di bidang tulis-menulis dan keinginan untuk mempertemukan penulis dengan pembacanya agar bisa saling menginspirasi.

Penulis pertama yang mengisi forum SMK adalah Andrea Hirata. Saya mengundangnya setelah membaca novel ketiganya, Edensor (Bentang Pustaka, 2007) berkisah tentang perjalanannya mengelilingi Eropa. Saat saya mengontaknya dan memintanya berbagi tips tentang backpacking dan travel writing, Andrea sangat antusias. “Temanya menarik sekali,” katanya merespon tawaran yang berbeda dari forum-forum diskusi yang pernah diikutinya kala itu.

Forum SMK pertama bertema “Menuliskan Kisah Perjalanan”  bersama Andrea Hirata ternyata mendapat sambutan yang luar biasa. Sejumlah peserta bahkan ada yang bela-belain datang dari luar kota, sekalian weekend di Jogja. Jadilah saya makin pede untuk menghidupkan forum ini dengan menghadirkan penulis-penulis lain. Setelah Andrea Hirata, penulis yang pernah mengisi forum SMK adalah novelis Putu Fajar Arcana, Kris Budiman, dan Sapardi Djoko Damono.


Ketika saya menerbitkan buku perjalanan pada tahun 2009 (TALES from the ROAD, terbitan Bentang Pustaka), forum SMK kemudian lebih banyak menggelar travel writing forum. Apalagi setelah itu buku-buku perjalanan saya lainnya juga menyusul terbit. Supaya lebih tersegmentasi, saya mewadahi kegiatan travel writing ini lewat lembaga baru SMARTRAVELER (travel – write – publish).

Namun, saya tidak ingin menjadikan forum ini sebagai ajang narsis pribadi atau semata-mata promosi buku saya.  Sebagai penulis buku panduan perjalanan, saya perlu membangun relasi dengan penulis buku perjalanan yang memiliki style atau gaya penulisan yang berbeda dan dari penerbit yang berbeda, bahkan penulis yang menerbitkan bukunya sendiri (indie publishing). Dengan menghadirkan para travel writer lain, saya berharap pembaca akan makin mengenal ragam (genre) penulisan perjalanan yang sangat banyak, ada travel guide, travel narrative, tavel literature, dan entah apa lagi.

Penulis perjalanan lain yang pernah mengisi forum ini adalah Andrei Budiman penulis novel perjalanan Travellous yang merintis indie publishing, Citra Dyah Prastuti yang menulis catatan perjalanan ala diary ketika tinggal setahun di Inggris, Cheers, UK! (2010) diterbitkan Gagas Media, dan tanggal 7 Mei nanti menghadirkan Agustinus Wibowo petualang yang menulikan buku kisah perjalanannya di Afghanistan terbitan Gramedia, Selimut Debu (2010) dan Garis Batas (2011).

Semoga forum ini bisa berjalan dengan rutin sehingga makin banyak penulis yang akan berbagi kisah proses kreatif penulisannya serta memberikan kiat menembus media atau penerbit buku untuk pembaca di Yogyakarta dan sekitarnya.

Comments