Travel Writing Weekend - One Day Trip

Workshop Sehari Penulisan Perjalanan
Sabtu, 14 Januari 2011, mulai pkl 09.00 - 15.00
Biaya @Rp 250.000, maks. 4 peserta, biaya sudah termasuk
makan siang dan short trip di kawasan heritage Kotagede - Yogyakarta


Menyusur kota tua Kotagede akan mengajak kita menyaksikan kehidupan di balik dinding-dinding tinggi, lorong-lorong sempit, maupun hirukpikuk pasar tradisional.

Kota yang berusia hamper limaratus tahun ini dahulu merupakan ibukota Kerajaan Mataram Islam di bawah pimpinan Panembahan Senopati. Sisa-sisa arsitektur kota kerajaan Islam ini masih dapat kita rasakan dengan mengunjungi Kotagede, seperti  kompleks petilasan Kerajaan Mataram, makam panembahan Senopati, makam para kerabat Raja (Hastorenggo), Sendang Selirang, Watu Gilang (batu hitam bentuknya seperti tempat duduk yang konon diyakini sebagai tempat duduk Panembahan Senopati), dan Watu Gatheng (tiga batu berbentuk bola). Konon, menurut legenda batu ini merupakan alat permainan Raden Ronggo, putra Panembahan Senopati.

Menyusur kawasan heritage Kotagede tidak hanya mengajak kita mengagumi sejarah kerajaan Mataram Kuno, tetapi juga pada keindahan arsitektur. Bangunan-bangunan rumah tinggal berarsitektur khas Kotagede masih banyak dijumpai di kawasan ini. Meski sempat diluluhlantakkan gempa Mei 2006, namun sebagian warga Kotagede masih mempertahankan dan menjaga arsitektur asli seperti kediaman Rudi J. Persik, misalnya.

Pendaftaran:
Pendaftaran dibuka setiap saat dan kelas akan dimulai jika target minimal peserta sudah terpenuhi. Pendaftaran dapat melaluitelp/sms: 0818258438, e-mail: matatita.com@gmail.com(subject: creative writing) atau datang langsung ke kantor kami Jl. Langenarjan Kidul No. 13-A YOGYAKARTA c.p Matatita (jam kerja, senin - jumat 09.00 - 17.00)

Comments