Wednesday, July 2, 2014

London Underground

Image

London adalah kota pertama di dunia yang membangun jalur kereta bawah tanah (underground) sejak 1863. Artinya sudah 150 tahun para Londoner mulai ngerong alias menjelajah kota lewat jalur bawah. Jika kita menuruni anak-anak tangga stasiun Underground, terasa betul betapa tuanya usia bangunan ini. Dinding-dindingnya berlapis keramik tua serta nyaris tak ada eskalator yang tersedia.



Selain mendapat gelar pertama dalam teknologi kereta bawah tanah, London Underground juga mulai menggunakan electric train system pertama di dunia yang kemudian familiar dengan sebutan Tube.

London Underground terbagi dalam 9 zona. Zona 1 dimulai dari Central London, yaitu pusat kota London yang juga merupakan pusat wisata, lalu zona 2 dan seterusnya semakin ke luar ke wilayah Greater London.

Tiket Tube (Travelcard)

Perhitungan harga tiket Tube agak rumit karena tidak hanya disesuaikan zona tetapi juga jam-jam yang tidak sibuk (off-peak time). Tiket Day Anytime yang bisa digunakan sepanjang hari mulai pukul 04.30 pada hari kerja Senin - Jumat tarifnya lebih mahal daripada tiket Day Off-Peak yang berlaku mulai jam 09.30 mulai Senin - Jumat. Pada saat weekend Sabtu dan Minggu diberlakukan tarif tiket Day Off - Peak.

Nah, sebelum membeli Travelcard (tiket harian), pastikan kira-kira kita akan banyak menggunakan Tube pada jam berapa.

Berikut ini tarif tiket berdasar zona dan Day Off - Peak.





























ZonaSingle JourneyTravelcard Day AnytimeTravelcard Day Off - Peak
1 - 2£4.50£8.80£7.30
1 - 4£5.50£11.00£8.00
1 - 6 (Heathrow Airport)£5.50£16.40£8.90

Hemat dengan Oyster Card

Jika kita berlibur di London lebih dari 4 hari, sebaiknya menggunakan Oyster Card daripada membeli tiket harian Travelcard. Oyster Card merupakan kartu plastik yang bisa diisi ulang (top up) dan digunakan lintas zona dengan tarif relatif lebih murah daripada Travelcard.

Oyster hanya memotong saldo kartu saat kita menggunakannya alias pay as you go. Artinya tiap tarif dihitung sebagai single trip namun dengan tarif lebih murah. Misalnya zona 2 saat jam sibuk (peak time) cukup membayar £2.80 (tarif reguler £4.50) sedangkan saat Off-Peak cukup membayar £2.10.

Oyster Card bisa dibeli di Victoria Station dan stasiun-stasiun kereta utama lainnya di London.

Image

No comments:

Post a Comment