pantai-pantai di kendari

Kendari, kota kecil yang menjadi ibukota Sulawesi Tenggara (Sultra) ini seakan terkesan low-profile. Minimnya publikasi menjadikan potensi wisata kota penghasil mete ini kurang dikenal. Padahal, Kendari menyimpan keindahan pantai yang mempesona.

Salah satunya adalah Teluk Kendari yang telah menjadi landmark kota. Teluk seluas 2.800 Ha ini memiliki latar belakang Pulau Bungkutoko yang menghijau di kejauhan dan perahu-perahu yang mengantar penumpang ke pulau-pulau kecil di propinsi ini. Kesibukan perahu motor yang menjadi transportasi utama untuk menjangkau pulau-pulau tersebut merupakan pemandangan menarik di pagi hari.

Sementara itu di sore hari, Teluk Kendari merupakan menjadi rendevous yang mengasyikkan bagi warga setempat. Setiap sore, banyak warga duduk-duduk di bibir teluk menikmati keindahan alam sambil bercengkerama. Warung-warung tenda yang berderet di sepanjang teluk yang menawarkan aneka masakan menjadikan suasana makan malam di pinggiran teluk terasa makin nikmat.

Jika ingin berenang di pantai, kita bisa menyinggahi Pantai Mayari yang letaknya tak jauh dari Teluk Kendari. Sembari berenang di pantai berpasir putih dan berair tenang ini, kita juga bisa menikmati lalu lalang speedboad yang menuju Pulau Muna, salah satu pulau yang cukup besar di propinsi Sultra. Di pinggir pantai ini juga terdapat cottage yang dapat disewa untuk pengunjung.

Keindahan pantai pasir putih Kendari yang lain dapat ditemukan di Pantai Nambo, berjarak sekitar 12 km dari Kendari atau sekitar 30 menit perjalanan dengan mobil. Pantai yang terletak di kawasan Abeli ini merupakan tempat wisata favorit warga Kendari di hari libur. Pantai ini memiliki ombak yang tenang dan berair bersih, sehingga sangat nyaman untuk berenang bersama keluarga.

Masih belum puas menyusuri pantai? Bagaimana jika menikmati ikan bakar khas Kendari dengan racikan sambal yang yummy? Tak sulit menemukan ikan bakar yang gurih dan nikmat karena hampir di setiap ruas jalan di Kendari terdapat warung atau rumah makan yang menjual ikan bakar.


How to Get there
• Saat ini baru terdapat 3 penerbangan menuju Kendari, yaitu Merpati, Lion Air, dan Sriwijaya Air
• Untuk menjangkau kota-kota lain di sekitar Kendari, biasanya masih menggunakan transportasi air belum banyak bus yang tersedia. Kecuali jika kita menyewa mobil dan driver
• Karena obyek wisata di Kendari sebagian besar berupa wisata pantai, pastikan Anda tak meninggalkan sunscreen untuk melindungi kulit

(I wrote this article for mediahalo, telkomsel customer newsletter, pamasuka area)

Comments

  1. duh...mbak..ternyat sempat main2 ke kendari..sampe ke bau2 pula :( nyessel banget kita ga ketemu ya mbak.. tapi pas january 2009 itu juga aku lagi dijakarta..pas aku sakit tulang belakang dan mesti dirawat di RSPP... besok2 mudah2an ada waktu kesini lagi.... mbak titha mesti balik sini lagi ya mbak...... :)

    ReplyDelete

Post a Comment