my birthday wish: EUROTRIP dan trip-trip lainnya


Jujur nih, selagi merampungkan naskah EUROTRIP sepanjang Mei - Juni 2010, pikiran saya bercabang-cabang mengenang trip-trip lainnya. Pengin banget bisa menerbitkan trip-trip lain itu. Saat saya buka-buka foto dan jurnal di blog yang membuat ingatan saya makin mengembara, saya makin bersemangat. Mulailah saya berkhayal-khayal tentang Matatita Trip Series yaitu buku traveling yang saya tulis. Kalo diseriusin alias saya serius mengerjakannya, dijamin bisa jadi beberapa buku.

Tapi saya tengah dihantui deadline untuk segera merampungkan EUROTRIP. Begitu EUROTRIP kelar dan rampung cetak, saya pun bertanya ke Editor, apakah sudah ada yang mengajukan naskah traveling ke Inggris. Rupanya, nasib baik berpihak pada saya: belum ada. Saya pun kegirangan (meskipun disembunyiin dalam hati). "Oke, kalau gitu saya pengin nulis UKTRIP...!" jawab saya.

Kesepakatan itupun langsung diworo-woro. Nggak cuma di blog dan FB...sewaktu on air di radio pun udah mulai berkoar jika saya sedang menulis naskah UKTRIP. As always...kaver buku udah dikerjain duluan dan diajukan ke penerbit. Juga sudah dipilih alais sudah di-acc. Hhmm..jadi makin semangat ngrampungin tulisan lagi nih (kemarin sempet terhenti karena sibuk jualan EUROTRIP..hehehe).

Setelah UKTRIP...saya pengin nulis NEPALTRIP. Pihak penerbit 3 bukuku sebelumnya sepertinya sudah punya naskah tentang Nepal, jadi kemungkinan NEPALTRIP akan diterbitkan sendiri oleh Matatita & Co. (weiittzzz...dari travel writer menjadi travel publisher? Boleh dong, memimpikan The Wheeler and Lonely Planet..)

Selain itu juga ada beberapa naskah traveling dalam negeri yang harus saya kejartayangin yaitu PAPUATRIP, BORNEOTRIP, CELEBESTRIP, dan MOLUCCASTRIP...! Sebenarnya naskah tersebut merupakan proyek Matatita & Co untuk menerbitkannya. Tapi sepertinya pihak penerbit juga tertarik meskipun belum ada kesepakatan tertulis. Buat saya, siapapun yang akan nerbitin, yang penting target menyelesaikan sejumlah buku traveling dalam negeri bisa kelar setahun ini. Biar nggak dituduh western-minded, wong saya sudah blusukan ke penjuru Tanah Air kok...I love Indonesia gitu loh!

Comments