kisah COVER


Sebelum akhirnya penerbit memilih salah satu disain cover, inilah ketiga disain yang saya siapkan bersama timkreatif REGOL, perusahaan kreatif yang saya kelola. Puas banget rasanya, nulis buku yang covernya didisain sama tim sendiri. heheheh...

Sekarang, ijinkan saya berbagi kisah tentang cover buku ini...


Ide menggunakan foto jejak kaki ini muncul tak sengaja. Selagi melihat-lihat koleksi foto traveling sepulang dari Nepal, tiba-tiba saya tersadar bahwa ternyata saya memiliki sejumlah foto jejak kaki di atas lempengan logam yang ditanam di permukaan tanah seperti itu.

Lalu, jadilah kegemaran memotret jejak kaki itu sebagai ilustrasi cover. Mumpung juga pas dengan judulnya, TALES from the ROAD. Dan karena kisah perjalanan saya lebih banyak menyusuri tempat-tempat eksotis yang kaya keragaman budaya, dipilihlah jejak kaki di atas asenering berupa lempengan logam yang bertuliskan huruf Nepal. Jangan bertanya apa bunyinya karena saya tidak bisa membaca huruf Nepal itu (sekedar catatan, di Nepal terdapat lebih dari 90 bahasa daerah!).

Yang terpenting dari lempengan logan Nepal itu adalah muatan lokal dan tradisional yang tercermin dari ukiran huruf tersebut. Penginnya sih, supaya semakin menguatkan perjalanan yang saya lakukan bukan adventure naik turun gunung apalagi shopping dari mall ke mall. Tapi untuk experiencing different cultures.

Semangat mengalami kebudayaan lain itu juga diperlihatkan lewat image-image di atasnya: Prajurit Kraton yang sudah sepuh, perempuan papua yang wajahnya tengah dirias, perempuan Nepal yang menjalani ritual pagi dengan sesaji di piring, serta perempuan Bali yang menyunggi sesaji. citra-citra itu mewakili interest saja pada seni, budaya, dan tradisi lokal di tiap-tiap tempat yang saya kunjungi.



Comments